Sabtu, 02 November 2013

“ KISAH CINTA DI HARI RABU “

Anatasya Sekarang ini adalah tahun yang penuh kemajuan. Politik maju, ekonomi maju, musik maju dan seni sastra juga mengalami kemajuan. Pokoknya semua segala kebudayaan mengalami kemajuan yang pesak sekali, terutama selaki ilmu eksekta. Kalau semua mengalami kemajuan, kenapa cinta tidak mengalami kemajuan.. Arya Apa yang sedang nona kerjakan ? Anatasya ( Kaget ) Ah, nggak apa-apa !! Cuma....... Arya Cuma apa non ? Anatasya Cuma mikirin nasib cinta saya... Arya Nona tidak kekantor hari ini Anatasya Nah... kamu lupa laki kan. Sudah berapa bulan jadi pembantu ku masih saja hafal. Sekarang hari apa ? Arya Hari....... Rabu non Anatasya Itulah, setiap hari rabu aku dirumah. Sebab menurut sastrologi, hari rabu cocok untuk menunggu calon suami...... Arya Sejak tadi sudah saya tanyakan dalam hati,kenapa nona sibuk didepan kaca. Saya lupa, kalau hari ini hari rabu. Nona menunggu kalau-kalau ada tamu yang datang menjadi pendaping nona. Anatasya Maklumlah... aku makinhari makin tua. Aku butuh seorang suami. Padahal aku hanya sempat hari rabu saja. Hari-hari lain aku sibuk diluar Arya Saya tahu non. Anatasya Saya jadi sedih, udah berpuluh rabu ini tak ada orang yang datang. Arya Itu sebabnya nona menjadi sedih setiap hari ? Anatasya Iya............ Arya Suami memang sulik didapat non. Zaman sekarang semuanya serbasulik. Tapi kena nona tergesa-gesa mendapatkan cuami. Nona belun terlalu tua. Anatasya Seorang gadis umur selalu di rahasiakan. Yang kau boleh tahu adalah; bahwa aku telah memasukkan namaku kedalam biro perkawinan, lengkat dengan foto serta riwayat hidupku. Tapi tak ada yang memperhatikan Arya Cuma belun saja non. Tunggu saja tanggal mainnya ( Senyum ). Saya rasa orang semacan nona bayak kok laki-laki yang tertarik. Itu ngak main-main non. Anatasya Jangan coba merayu arya...( melihat arya ) Arya Ah, ngak non. Anatasya Dari tadi saya perhatikan kamu selalu tersenyum.... Arya ( Diam ) Anatasya ( melamun ) Arya Nona, kenapa melamun.. Anatasya Kenapa ngak ada tamu yang datang Arya ? Arya Mungkin sebentar lagi non.. non saya izin keluar ya ? Anatasya Gimana ya... ( Berpikir ) baik lah. Arya Makasih ya non. Nona memang orang baik sedunia. Anatasya Kamu bisa saja Arya.... Arya Kalau begitu saya permisi dulu non, Mau siap-siap. Anatasya Ya..... Silahkan. ( Arya pergi kebelakang, Anatasya kenbali melamun. Sesaat kemudian Arya muncul ) Arya Tu kan nona melamun lagi..... Anatasya Hey.... Kamu mau kemana Arya, tumben rapi. Arya Nona bisa saja. Nanbti nona bakalan tahu saya mau pergi keman. Saya pergi dulu ya non.. Anatasya ( Bingung melihat kepergian Arya ) Arya aneh, katanya saya tahu kalau dia pergi kemana. Dari pada aku bingung sendiri, lebih baik ku baca majalah yang kemaren aku beli. ( anatasya menbaca majalah.terdengar pintu diketok dari luar ) Arya Permisi.... Permisi..... Permisi...... Anatasya ( Tersentak ) Ya Tuhan. Sebentar... Silahkan masuk. Arya Selamat pagi nona ? ( heran ) Anatasya ( Melamun ) Arya Nona suka melamun rupanya. Selamat pagi nona ? Anatasya Selamat pagi tuan. Tentu ada keperluan penting tuan pagi-pagi datang kemari ? Arya Iya... tentu nona. Tapi, boleh saya duduk dulu ? Anatasya Iya.. silah kan tuan. Arya Apa ini rumah nona sendiri ? ( Anatasya angguk ) bagus, nona suka merawak rumah rupanya ? Anatasya Ah, tidak. Saya punya pembantu. Arya Pembantu ! ah ya... tidak barang baru lagi, bagi setiap gadis hidup dengan seorang pembantu. Apa nona pernah bermimpi ? Anatasya Pernah....kenapa ? Arya Maksud saya, mimpi di gigik ular ? Anatasya Tepat malam tadi. Tapi kenapa tuan tanyakan ? Arya Menurut orang tua dulu..... !,ah. Tapi tidak usahlah nona. Begini saja. Anatasya Iya..... Arya ( Serius ) Apa benar nona bernama Anatasya ? Anatasya Iya.... Betul. Panggil saja saya ana Arya Terima kasih, umur nona 25 tahun Anatasya Iya...... Arya Nona adalah putri ke tiga dari tuan Bandaro. Masih ada sangkut paut dengan bangsawan minang. Pokoknya nona yang mengisi formulir ini ? Anatasya Iya..... Tuan yang mengabil formulir ini dibiro perkawinan Asmara jaya ? Arya Iya.... Anatasya Tentu tuan sudah membaca semua Arya Iya. Sebelun itu , boleh saya lanjutkan pertanyaan saya nona ? Anatasya Boleh, tentu saja tuan. Silahkan. Arya Nona mempunyai rumah sendiri di jalan Hamka, selai itu juga mempunyai tanah yang luasnya 100X150 M diluar koto ? apa itu benar nona ? Anatasya Iya.... Arya Nona mempunyai gaji 7 juta perbulan, kadang-kadang mendapat uang lenbur yang lunmanyan. Atu hal lagi, nona mempunyai sinpanan di bank sebesar 100 juta ? Anatasya Iya, tapi bagaimana tuan tahu tentang itu. Difomulis kan tidak ada ? Arya ( Arya tersenyum ) Anatasya Kenapa tun diam? (berpikir ) apa tuan datang kemari untuk membahas tentang perkawinan. Arya Tak lain dan tak buan nona. Anatasya Terima kasih tuhan..... Arya Bagaimana nona, apa bisa kita lanjutka ? Anatasya Tuntu, tentu saja tuan. Tapi beleh saya kekamar dulu tuan ? Arya Tidak apa-apa nona, silahkan. ( Anatasya pergi meninggalkan Arya. Arya menuju ke Foyo Anatasya,Kemudian Mengambilnya ). Ana, apa kau tidak tahu. Aku adalah Arya pembantumu yang setia. Kamu tahu Ana, kita pernah ketemu di depan pintu Biro Asmara Jaya. Waktu itu kau cuex, tapi aku suka... ( Ana muncul dengan membawa kertas yang dipegang ). Anatasya Maaf, apa yang tuan kerjakan ? Arya Tidak ada. Cuma melih foto nona. Wajah nona lebih cantik dibandingkan foto nona. ( Melihat kertas yang dipegang Anatasya ). Apa itu non ? Anatasya Tuan bisa saja. ( Tersenyum malu ) Arya ( Melihat kertas yang dipegang Anatasya ). Apa itu non ? Anatasya Tentunya tuan sudah membaca semua syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi seorang laki-laki yang menjadi suami saya ? Arya Tentu nona. Anatasya Nah, ini daftar syarat yang harus di penuhi oleh seorang laki-laki yang menjadi suami saya. Mau saya bacakan ? Arya ( Tersenyum ) Tidak usah nona, saya sudah tahu. Anatasya ( Kaget ) Sudah tahu...., Aneh.. Arya Calon suami nona harus seorang intelek, artinya punya sarjana izajah sarjana muda. Anatasya Iya..., benar.. Arya Calon suami nona seorang yang matang, artinyan tidak seperti kanak-kanak yang membosankan. Colon suami nona seorang yang yang tidak cacat, artinya cacat yang bisa merusak keturunan. Colon suami nona seorang yang bebas, artinya tidak memiliki istri gelak maupun yang terang. Anatasya ( Heran ). Tentu...tentu tuan. Tapi dari mana tuan tahu tentang syarat itu ? Arya Karna hari rabu nona mengucatkan didepan kaca..... Anatasya ( Terdiam ). Arya.... Tuan Arya ? Tidak mungkin, Arya tak setampan tuan. Arya Perkenalkan nona Arya Kusuma. Direktur PT Kusuma, yang selama 3 bulan menjadi pembantu dirumah nona... Anatasya Tidak......tidak mungkin... Tuan tidak mungkin pembantu saya. Arya Apa nona masih ingat. Nona menabrak seseorang di depan pintu Asmara Jaya ? Anatasya ( berpikir ). Iya, saya ingat Arya Seseorang itu adalah saya nona... Anatasya Tuan... Arya Iya. Sejak pentama melihat nona sya lansung jatuh cinta. Saya ingin selalu dengan nona. Maka aya berkeingin jadi pembantu dirumah ini. Anatasya Sudahlah tuan, tidak usah membohongi saya. Jangan-jangan tuan adalah teman pembantu saya Arya. Mungkin Arya kasihan melihat saya, karena setiap hari rabu selalu menunggu jodoh. Jadi... dian menyuruh tuan untuk memhibur saya. Saya mohon, jangan sakiti hati saya.. Arya Siapa yang mengakiti hati nona ? Anatasya Tuan, jangan merayu gaya film india.. Arya Jadi nona tidak percaya , kalau saya Arya, Pembantu nona ? Anatasya Tidak. Lebih baik pergi.... Arya Baik nona. Saya akan buktikan. ( Arya pergi meninggalkan Anatasya ). Anatasya ( Anatasya terdian. Sesaat kemudian pergi menuju foto yang terpajang di dinding. Arya masuk ) Arya Apa yang bisa saya bantu non ? Anatasya Arya........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar